Solat
Secara bahasa solat artinya berdoa ssedangkan menurut istilah
solat adalah perkataan,atau perbuatan yang tentu yang di awali dengan takbirotul ihrom dan di ahiri dengan salam.Di sini saya akan menjelaskan tentang Rukun solat yang berjumlah 17,sebagian ada  yang mengatakan 13,ya itu sama saja hanya tumaninah nya yang di satukan.

Rukun Solat  :
1.       Niat
2.       Takbirotul ihram
3.       Berdiri  untuk orang yang mampu
4.       Membaca Fatihah
5.       Ruku
6.       Tuma’ninah  ketika  ruku
7.       Iti’dal
8.       Tuma’ninah ketika Itidal
9.       Sujud
10.   Tuma’ninah ketika Sujud
11.   Duduk di antara 2 sujud
12.   Tuma’ninah ketika duduk diantara 2 sujud
13.   Tahiat ahir
14.   Duduk pada tahiat ahir
15.   Membaca salawat kepada nabi Muhammad SAW
16.   Membaca salam
17.   Tartib

Mungkin sebagian dari kalian bertanya- tanya ,kenapa Berdiri berada di urutan ke 3? Sedangkan sebelum niat dan takbirotul ihram tentu nya berdiri terlebih dahulu? Jawaban nya adalah……
Karena berdiri hanya di salat pardu saja,tapi bukan berarti salat sunah sambil tiduran ya.. kalau kita mampu ya lebih bagus berdiri.
Apa yang di maksud Tumaninah?? Yaitu Sukunun bada harokatin bi haisu yastakiru kullu udwin pi mahallihi bikodri subhanawloh ,arti nya diam stelah berubah atau bergerak  sehingga kemabli anggahota pada tempat nya,ukran membaca Subhanawloh.
Atau secara sederhana Tuma’ninah adalah “Diam se ukuran membaca Subhanawloh”. Sekian dulu bahasan tentang rukun salat ny.. mudah- mudahan bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon di benarkan,keterangan di atas  bersumber dari kitab Sapinattun najja.